Universitas Airlangga Kampus Ramah Disabilitas

 

Data statistik yang dihimpun oleh WHO mengatakan bahwa jumlah orang berkebutuhan khusus berkisar 15% dari total penduduk dunia. Di Indonesia sendiri diperkirakan sekitar 15% yakni sebanyak 36,15 juta orang berkebutuhan khusus dari total penduduk Indonesia. Berdasarkan Undang-Undang Penyandang Disabilitas No. 8 Tahun 2016 dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan dasar hukum memberikan jaminan sepenuhnya kepada disabilitas dalam menempuh pendidikan seperti kebanyakan orang normal. Selanjutnya pada Permenristekdikti No. 46 Tahun 2017 menyatakan bahwa Perguruan Tinggi berkewajiban menyediakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan mahasiswa berkebutuhan khusus. Manusia memiliki hak untuk mengenyam pendidikan tanpa terkecuali. Begitupula bagi para pelajar atau mahasiswa disabilitas. Oleh karena itu, fasilitas yang menunjang untuk para mahasiswa disabilitas sangat dibutuhkan.

Sesuai kebijakan dari pusat, Universitas Airlangga telah berupaya menjadi kampus ramah disabilitas dengan menyediakan fasilitas khusus. Fasilitas khusus untuk disabilitas telah tersedia di Universitas Airlangga diantaranya ramp kursi roda dan toilet disabilitas, kedua fasilitas ini tersedia banyak gedung di Universitas Airlangga diantaranya di Gedung Rektorat, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keperawatan, Fakultas Perikanan, Fakultas Vokasi, Gedung Sekolah Pasca Sarjana, dan Gedung FTMM, Gedung Kuliah Bersama, ASEEC Tower dan Gedung Perpustakaan. Seluruh fakultas di Universitas Airlangga telah tersedia ramp kursi roda untuk memudahkan akses mahasiswa disabilitas  menuju ke ruang perkuliahan. Selanjutnya untuk toilet disabilitas, Hal yang membedakan toilet umum dan toilet khusus disabilitas adalah ukuran toiletnya yang lebih luas serta tersedia pegangan di sisi dinding. Adanya toilet disabilitas ini tentunya dapat membantu para mahasiswa disabilitas ketika berada di area kampus.

Selain ramp kursi roda dan toilet disabilitas, disediakan lift untuk akses para disabilitas untuk gedung dengan lantai lebih dari 3. Sedangkan untuk gedung kurang dari tiga lantai, disediakan beberapa ruang kelas di lantai dasar yang dengan mudah diakses untuk mahasiswa para disabilitas. Universitas Airlangga telah berpartisipasi untuk menyediakan fasilitas khusus bagi para disabilitas. Fasilitas khusus disabilitas yang tersedia juga telah disesuaikan dengan ketentuan berdasarkan PermenPUPR No. 14/2017.  Maka dengan tersedianya fasilitas khusus untuk para disabilitas, mahasiswa Universitas Airlangga yang memiliki kebutuhan khusus dapat tetap memenuhi haknya dalam mengenyam pendidikan.

Bagikan ke Social Media

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *