Kolaborasi DLKKL dan FST dalam Acara Banyuwangi International Cultural Heritage and Community Services

Direktorat Logistik, Keamanan, Ketertiban dan Lingkungan berkolaborasi dengan Fakultas Sains dan Teknologi dalam mensukseskan acara Banyuwangi International Cultural Heritage and Community Services yang dilaksanakan pada tanggal 7-9 September 2023. Peserta kegiatan ini diantaranya mahasiswa yang mendaftar pada acara GLACIAL (Global Citizenship Conference of Airlangga) dari berbagai negara, peserta dari UI Greenmetric dan Dosen Universitas Airlangga.

Hari pertama di isi dengan workshop yang dibuka oleh Prof. Dr. Fatmawati, M.Si (Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi) lalu dilanjutkan oleh Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M, M.Sc (Ketua UI Greenmetric),  Poin utama yang ditekankan dalam pidato tersebut adalah keyakinan bahwa banyak peserta dapat menjadi pemimpin dalam bidang keberlanjutan,  memberikan dampak positif bagi masyarakat. Acara ini kemungkinan besar akan mengarah pada program kolaboratif dan upaya untuk menemukan solusi terhadap tantangan lingkungan berkelanjutan.

Selanjutnya,  Narasumber pertama pada Workshop tersebut yaitu Prof. Win Darmanto, M.Si., Ph.D., beliau menyampaikan konsep One Health yang mengangkat empat pilar besar yaitu kesehatan manusia, kesehatan tumbuhan, kesehatan hewan, dan kesehatan lingkungan. Dilanjutkan oleh Susy Katikana Sebayang, S.P., M.Sc., Ph.D., Beliau membahas gerakan zero-waste melalui kesehatan pesisir, pembangunan eco-brick green house, pelestarian ekosistem laut, optimalisasi konservasi penyu, dan vegetasi pesisir melalui pemberdayaan masyarakat. Narasumber ketiga Prof.Dr.Dra. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, M.Si. yang membahas tentang gagasan Sustainable International Community Development. Menyusul narasumber keempat pada acara tersebut, Dr. Junaidi, S.S., M.A., Wakil Ketua Program, Komunikasi, dan Kemitraan UI GreenMetric, yang mengangkat topik Community Development for the Sustainability Campus. Terakhir, Audi Hamim Zaidan, M.Si, Ph.D., memaparkan topik menarik yaitu Pengabdian Masyarakat di Wilayah Pesisir menuju SDGs.

Pada hari kedua 8 September 2023, acara selanjutnya yaitu rapat kerja penyusunan kurikulum KKN-MBKM UI Greenmetric. Pertemuan ini menghasilkan kerangka program Pengembangan Komunitas Pendekatan Multidisiplin (MACD), yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman, local cultural sharing,  meningkatkan pemahaman masyarakat tentang isu-isu terkait, menumbuhkan kreativitas dan keterampilan pemecahan masalah. KKN-MBKM UI Greenmetric ini berkaitan dengan enam indikator UI Greenmetric yaitu Infrastructure, Energy and Climate Change, Water, Waste, Transportation, Education and Research.

Pada hari terakhir tanggal 9 September 2023, acara ditutup dengan pelepasan tukik penyu di Pulau Santen yang diikuti oleh seluruh peserta baik peserta dari GLACIAL, peserta dari UI Greenmetric, dosen  Universitas Airlangga lalu pidato penutup yang disampaikan oleh Direktur SIKIA, dan UI GreenMetric.

 

 

Bagikan ke Social Media

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *