Peringkat Naik, Universitas Airlangga raih The 2023 8th Most Sustainable University in Indonesia pada UI GreenMetric World University Rankings

 

Selamat, dengan bangga kami mengumumkan bahwa Universitas Airlangga telah berhasil menduduki peringkat 8 se-Indonesia versi UI GreenMetric 2023. Peringkat tersebut mengalami kenaikan dari tahun 2022 yang sebelumnya meraih peringkat 10 se-Indonesia. Tidak hanya kenaikan peringkat, Universitas Airlangga juga berhasil meraih 4,5 poin Trees Rating dari UI GreenMetric World University Ranking 2023. Angka tersebut mengalami kenaikan 0,5 poin dari tahun 2022 yang sebelumnya meraih 4 poin. Dari hasil pengumuman peringkat UI GreenMetric di UNHAS Hotel and Convention pada 30 Desember 2023 juga menunjukkan bahwa hanya terdapat 6 kampus di Indonesia yang memiliki Trees Rating 4,5 diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret dan Universitas Airlangga. Kenaikan peringkat ini bukan hanya meningkatkan citra universitas, bukan hanya sekedar prestasi,  tetapi juga membawa perubahan nyata dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Dengan upaya yang berkelanjutan, Universitas Airlangga telah menunjukkan bagaimana kolaborasi antara Civitas Akademika dan stakeholder dalam menciptakan lingkungan kampus yang lebih hijau.

Direktur Logistik, Keamanan, Ketertiban dan Lingkungan Dr. Karnaji, S.Sos., M.Si selaku ketua Tim Task Force Pemeringkatan UI Greenmetric Universitas Airlangga mengucapkan terima kasih yang tulus atas pencapaian ini. Dr. Karnaji menyampaikan bahwa peringkat tersebut merupakan penghargaan kepada kampus yang telah menunjukan kesungguhannya dalam pengelolaan lingkungan, Kenaikan ranking peringkat tersebut juga menjadi bukti bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil. Dr. Karnaji juga menambahkan bahwa adanya pemeringkatan ini dapat membantu mewujdukan Universitas Airlangga menjadi kampus yang berkelanjutan. Universitas Airlangga kini telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan positif, banyak melakukan inovasi dan perubahan masif untuk mendukung kampus yang hijau. Diantaranya, pemusatan area parkir, pembatasan kendaraan yang memasuki area kampus, pembangunan pipa terpadu, pemanfaatan air hujan yang tertampung di bak untuk diolah, pengelolaan sampah, antar jemput tendik dan mendukung gerakan bebas emisi. Dr. Karnaji menambahkan bahwa kedepan, mengembangkan karakter dan perilaku manusia menjadi salah satu fokus. Seperti gerakan memilah sampah hingga gerakan membawa botol minum ke kampus.  “Bagaimana orang itu sadar jika menjaga lingkungan itu bukan hanya tugas pemerintah saja atau UNAIR saja, tetapi masing-masing individu punya peran,” pesannya.

Penganugerahan Ranking GreenMetric World University adalah tonggak penting dalam menginspirasi dan mendorong universitas-universitas di seluruh dunia untuk menjadi lebih berkelanjutan. Melalui upaya bersama, perguruan tinggi dapat menjadi pionir dalam menciptakan dunia yang lebih hijau dan berkelanjutan untuk generasi mendatang.

Bagikan ke Social Media

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *